Mengenali Serangan Asma

Tautan permanen ? http://kasirkalam.blogspot.com/2014/08/mengenali-serangan-asma.html

Serangan Asma merupakan hal yang tidak bisa kita abaikan. Mengabaikan penyakit ini sama saja menggiring kita pada kematian secara perlahan- lahan. Sayangnya, banyak di antara kita yang mungkin tidak terlalu peduli akan ciri- ciri serangan asma. Padahal, kita harus bisa mengenali SERANGAN ASMA merupakan salah satu cara untuk mengambil tindakan preventif yang akan sangat membantu kita mendeteksi secara dini.

Apa saja ciri- ciri Serangan Asma? Yang paling umum adalah sesak nafas. Namun, tidak serta merta kita mengambil kesimpulan bahwa siapapun yang “sedang” sesak nafas berarti asma. Sesak nafas yang tidak terlalu lama, misalnya karena ketegangan terhadap sesuatu, tidak dikategorikan sebagai asma. Apalagi bila setelah itu, kita sudah kembali seperti semula. Namun, bila sesak nafas tersebut berkepanjangan bahkan sampai bunyi, maka kita harus waspada, karena itu adalah indikasi asma.

Ciri lain dari Mengenali Serangan Asma adalah nafas cepat disertai batuk. Boleh diibaratkan seperti saat kita sedang memompa air dan air tak jua keluar, apa yang kita lakukan? Biasanya, kita akan terus memompanya dengan cepat agar air bisa segera keluar. Itulah yang terjadi ketika kita terserang asma. Tubuh kekurangan oksigen karena penyempitan pembuluh darah. Untuk itu, paru- paru mencoba sekuat tenaga untuk terus menghirup udara dan mengeluarkannya, dengan harapan saluran yang tersumbat tersebut bisa jebol dan pernafasan tidak terganggu lagi. Namun apa yang terjadi, semakin kita berusaha kuat- kuat untuk bernafas, saluran pernafasan tersebut semakin tersiksa. Akibatnya, kita sering merasakan dada sakit saat asma menyerang.

Ciri, yang mungkin sedikit ekstrim adalah perubahan warna mulut menjadi biru. Ini terjadi bila Serangan Asma tidak segera mendapatkan pertolongan. Diawali dengan sesak nafas biasa karena penyempitan pembuluh darah, kemudian tidak ada tanggapan, dan “diakhiri” dengan perubahan warna mulut menjadi biru disertai sesak nafas sesaat sebelum meninggal. Itu sebabnya, jangan pernah meremehkan sesak nafas atau asma yang masih stadium kecil.

Sedikit banyak kita sudah mengetahui cara Mengenali Serangan Asma dari ciri-ciri serangan asma seperti yang disampaikan di artikel diatas, kita semakin paham bahwa mengenali SERANGAN ASMA secara dini akan bisa membuat kita bisa untuk Mengendalikan Serangan Asma dengan baik. Pengambilan keputusan yang salah akibat ketidakpahaman dan ketidaktahuan akan berakibat fatal. Namun bila memang tidak paham atau sudah memahami caranya namun kita karena panik, segera anda bawa orang yang mengalami serangan asma ke rumah sakit terdekat agar bisa mendapatkan pertolongan dengan baik dan bisa terselamatkan.

0 Response to "Mengenali Serangan Asma"

Post a Comment