Asma Pada Anak



Asma Pada Anak disebabkan oleh berbagai macam . Secara umum Asma Pada Anak disebabkan karena dua faktor yaitu :

Faktor keturunan, untuk faktor keturunan, kita tak bisa menghilangkan begitu saja
Faktor eksternal, kita bisa mengendalikan atau bahkan menyembuhkan setahap demi setahap. Untuk faktor eksternal, serangan Asma Pada Anak di antaranya adalah polusi, udara dingin, dan obesitas. Polusi, biasanya akan banyak kita jumpai di kota besar atau kota industry. Bila terpaksa kita dan anak harus tinggal di kota yang penuh polusi, maka usahakan agar anak kita tidak sering- sering keluar. Bila sudah usia sekolah, ada baiknya berangkat pagi, untuk menghindari polusi. Atau bila anak kita harus naik angkot, usahakan agar selalu membawa sapu tangan bersih.

Beberapa orang tua bahkan memutuskan home schooling untuk anaknya karena polusi di tempat tinggal mereka sudah sangat parah. Alergi terhadap udara dingin bisa juga menyebabkan sesak nafas. Ada anak yang tidak kuat dengan udara dingin kemudian sesak nafas dan pada akhirnya meninggal. Memang, kerja tubuh di udara dingin untuk menghasilkan oksigen (untuk pembakaran) sangat keras. Itu sebabnya, bila si anak sudah ada alergi sebelumnya dengan udara dingin, maka hal tersebut akan mengganggu stabilitas tubuh. Cara mengatasinya bisa dengan pemakaian baju dan celana yang sekiranya bisa menghangatkan badan. Usahakan agar tubuh anak selalu dalam kondisi hangat.

Berat badan yang berlebihan (Obesitas) juga bisa memicu asma. Anak yang terlalu gemuk sebenarnya bukannya lucu, tapi perlu “diwaspadai”. Kegemukan bisa memicu penyempitan pembuluh darah yang pada akhirnya memicu anak terserang asma.

Selain beberapa hal di atas, pemicu serangan asma selanjutnya adalah lingkungan yang kurang bersih dan lembab. Anak yang hidup di lingkungan lembab, kurang sinar matahari, dan kotor, memiliki kondisi fisik yang sangat rentan terhadap asma. Itu sebabnya, usahakan bila lingkungan rumah kita selalu bersih, sehat, dan cukup matahari. Semoga berbagai macam hal yang bisa menyebabkan serangan Asma Pada Anak seperti yang dituliskan di atas tersebut dapat membuat kita sebagai orang tua waspada. Biar bagaimanapun juga, memiliki anak yang sehat itu jauh lebih menyenangkan daripada sebaliknya.

0 Response to "Asma Pada Anak"

Post a Comment