SMASH Indonesia, Boyband Indonesia

Di Indonesia saat ini ada Boyband. Namanya Sm*Sh juga.. tau kan ? tapi beda sama yang diKorea. Walaupun gaya mereka sama. Sm*Sh Indonesia yang artinya Seven Man As Seven Heroes from Indonesia ini di gawangi oleh 7 orang personilanya, yaitu : Morgan Oey, Rangga Dewamoela S, Rafael, Dicky M Prasetya, Reza Anugrah, Muhammad Ilham Fauzi, Bisma Karisma.

Memang kesannya mereka menjiplak artist-artis Korea, tapi terlepas dari itu semua, mereka bagus, suara juga gak begitu jelek. Pemilihan lagu yang ngebeat teratur dan performance mereka juga tidak begitu jelek…

Tapi kalau mau dibandingin ama Smash asal Korea, mereka masih jauh beda.. coba bandingkan:

SMASH asal Indonesia





SM*SH asal Korea.







Pertama kali menonton video klip ini langsung terpikir, wow Korean wannabe. Style yang dibawakan oleh setiap personelnya, kemudian dance-dance yang dilakukan pun semuanya sepertinya meniru gaya-gaya boyband Korea yang sudah tak asing lagi seperti halnya Super Junior.

Namun sepertinya mereka kurang bisa meniru boyband-boyband Korea tersebut dengan baik dan benar, dance-dance yang dilakukan pada video klip tersebut terlihat kurang kompak, sangat berbeda dengan apa yang ditunjukkan oleh boyband korea .

Satu lagi yang menjadi perbedaan adalah masalah nama. SM*SH, yang dibaca SMASH ternyata tak lain adalah nama salah satu boyband yang cukup terkenal di korea yang memulai debutnya pada tahun 2008 .

Dengan penamaan yang sama, tentunya semakin menambah daftar panjang band Indonesia yang melakukan penjiplakan terhadap karya band-band luar negeri. Dan saya berfikir bahwa munculnya boyband ini memanfaatkan potensi pasar para penggemar boyband yang semakin besar seiring semakin terkenalnya boyband korea dinegeri ini, sehingga mereka pun menggunakan style dan nama yang sama dengan apa yang di tampilkan oleh boyband-boyband asal korea.

mudah mudahan boyband indonesia ini akan mampu bertahan menghadapi persaingan industri musik di Indonesia yang demekian ketat.

0 Response to "SMASH Indonesia, Boyband Indonesia"

Post a Comment