Deteksi Penyakit Lewat Kuku

Penyakit merupakan kata yang paling ditakuti, untuk menghilangkan rasa takut terhadap suatu penyakit yang akan datang atau sedang diderita harus dilakukan tindakan untuk mengetahui seberapa parah penyakit tersebut. Melakukan chek up adalah awal dari tindakan untuk mencegah datangnya sebuah penyakit. Penyakit yang bisa dideteksi lebih dini akan memudahkan dalam pengobatannya.

Salah satunya bisa lewat kuku kita sendiri, bagaimana caranya melakukan Deteksi Penyakit Lewat Kuku , dengan cara melihat bentuk, warna dari kuku itu sendiri. Kuku yang sehat memiliki warna merah jambu. Dibawah ini ada beberapa gambaran buat kita semua untuk membandingkan atau melihat bagaimana bentuk kuku kita, dengan artikel dibawah ini. Bila menemukan hal yang tidak diinginkan ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk langkah selanjutnya.  Silahkan disimak :


1. Kebiasaan Menggigit Kuku.

Menggigit kuku menandakan kecemasan yang berlebihan dan membutuhkan pengobatan karena menderita gangguan obsesif-kompulsif. Jadi, jika anda tidak bisa berhenti, ada baiknya berdiskusi dengan dokter anda.

Namun juga bisa dideteksi sebagai suatu kebiasaan yang timbul karena kebiasaan dan kegembiraan, tetapi yang perlu diperhatikan dan diingat adalah menggigit kuku adalah hal yang jelek, sebab banyak kuman atau bakteri yang menempel diujung kuku bisa masuk kedalam tubuh kita.

2. Kuku Retak
Kuku terlihat kering, rapuh dan sering retak telah lama dikaitkan dengan penyakit tiroid. Jika kuku tampak membelah dan berwarna kuning ada kemungkinan ini karena infeksi jamur.












3. Kuku Kuning 

Salah satu penyebab paling umum kuku berwarna kuning adalah infeksi jamur. Semakin memburuknya infeksi bisa membuat kuku tidak tumbuh dengan sehat, menebal dan rapuh. Kuku kuning juga menunjukan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid parah, paru-paru, diabetes atau psoriasis. Sedangkan bila pertumbuhan kuku tampak lambat, tebal dan mengeras serta kekuning-kuningan, menandakan gangguan getah bening atau penyakit pencernaan kronis.

4. Kuku Pucat

Kuku berwarna pucat atau cenderung memiliki warna keputih-putihan kadang-kadang terkait dengan penuaan. Tetapi ada empat macam penyakit serius yang mungkin saja ditandai dengan kuku berwarna pucat, misalnya: anemia, gagal jantung, pengidap penyakit hati atau juga gizi yang buruk.





5. Kuku Bergaris Hitam

Periksakan segera jika ada garis hitam di kuku Anda. Ini terkait dengan gejala melanoma atau yang dikenal dengan kanker kulit dari jenis yang paling berbahaya.

6. Kuku Kebiruan

Kuku dengan warna kebiruan menandakan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Ini mengindikasikan adanya infeksi di paru-paru seperti pneumonia. Jika hanya sedikit kebiruan di ujung bawah kuku bisa juga menandakan diabetes. Sedangkan jika warna kebiruan pada pangkal kuku menandakan kurang beresnya sirkulasi darah dan merupakan gejala penyakit jantung.



7. Kuku Putih

Jika kuku berwarna putih dengan ujung atas berwarna gelap mengindikasikan adanya masalah pada hati, seperti hepatitis. Bila separuh bagian dekat ujung kuku berwarna merah muda atau coklat sementara kulit ari berwarna putih, itu merupakan gejala penyakit gagal ginjal kronis.






8. Kuku Kasar

Jika permukaan kuku berkerut dan berbunyi jika diadu ini merupakan tanda awal dari psoriasis atau inflamasi arthritis. Selain itu, timbulnya bintik-bintik tak beraturan pada kuku, juga menandakan adanya penyakit psoriasis (penyakit kulit kronis). Perubahan warna kuku dapat terlihat merah kecokelatan.
Bila timbul kerutan horizontal dan kuku tampak kusam, itu menandakan kurang gizi atau gejala suatu penyakit seperti campak, cacar air, gondok, jantung serta kondisi seperti sindrom Reynaud (kejang pada urat jari tangan dan kaki akibat sangat kedinginan). Bila ada lengkungan berlebihan pada pangkal kuku dan sekitar ujung kuku, itu menandakan gejala penyakit TBC, emfisema (gangguan pada paru-paru), penyakit kardiovaskuler atau hati.

9. Kuku Bengkak/Kemerahan

Jika kulit di sekitar kuku terlihat merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan yang menunjukan adanya penyakit lupus dan gangguan jaringan ikat. Lapisan merah membujur pada kuku, menandakan perdarahan pada pembuluh kapiler. Garis-garis ganda merupakan gejala penyakit darah tinggi (hipertensi).

Demikianlah gambaran buat kita untuk mendeteksi penyakit lewat kuku. Tindakan yang paling baik segera konsultasikan dengan dokter anda. Semoga bermanfaat



0 Response to "Deteksi Penyakit Lewat Kuku"

Post a Comment