Khasiat Kulit Buah Manggis

Buah Manggis atau disebut Garcinia Mangostana yang memiliki banyak sekali kegunaan dan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia mulai dari kulit dan daging buahnya, Dari pengujian yang dilakukan para peneliti di dunia untuk mengetahui Khasiat Kulit Buah Manggis sangat menabjubkan,  bagai mana tidak kulit yang biasanya tidak di hiraukan bagi para pecinta buat manggis kini justru banyak di cari untuk pengobatan tubuh dan mampu membunuh unsur unsur kanker virus dan lain-lain.

Dalam kulit Buah Manggis mengandung Xamthone, yang merupakan sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan yang secara biologis aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids. Senyawa ini jarang terdapat di alam, paling banyak ditemukan hanya dalam dua keluarga tanaman. 200 jenis xhantones alami yang sejauh ini telah diidentifikasi. Sekitar 40 jenis diantaranya telah ditemukan dalam buah manggis. Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi dan anti-alergi. Ada juga komponen lain dari buah manggis yang memiliki kualitas obat, termasuk polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh.

Selain memiliki rasa yang lezat Buah Manggis juga rendah kalori. Cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Terdapat 63 kalori per 100 gr buah manggis. Tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, buah manggis juga dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh sebanyak 13 persen per 100 gramnya. Buah manggis kaya akan vitamin C sehingga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh sebesar 12 persen per 100 gram daging buahnya. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang bekerja kuat sebagai antioksidan. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit seperti, flu, infeksi, hingga kanker. Buah Manggis juga mengandung vitamin B Kompleks seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor dalam memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Kandungan dalam Kulit Buah Manggis itulah yang mampu melemahkan dan memperlambat pertumbuhan virus dan kanker yang ada di dalam tubuh manusia seperti diabetes,kanker,bakteri dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut ini adalah Khasiat Kulit Buah Manggis bagi manusia.

1.   Mampu mengobati dan memperbaiki sel sel tubuh.
2.   Mampu mengobati dan membantu system getah bening.
3.   Mampu mengobati dan meringankan wasir.
4.   Mampu menurunkan kadar gula.
5.   Mampu menurunkan berat badan.
6.   Mampu membantu dan menyegah penyakit jantung.
7.   Mampu menurunkan kolesterol.
8.   Mampu menurunkan dan menormalkan darah tinggi.
9.   Mampu mencegah diare.
10. Mampu menambah energi dan stamina tubuh.

Selain 10 Khasiat Kulit Buah Manggis diatas, Kandungan vitamin C pada manggis juga berfungsi untuk menyembuhkan sariawan. Cara membuat ramuan untuk mengobati sariawan yaitu dengan menyiapkan kulit buah dari 2 buah manggis yang dicuci dan dipotong-potong terlebih dahulu. Rebus kulit manggis dengan 3 gelas air sampai ukuran berkurang 50 persen. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan buat untuk berkumur. Buah manggis sebagai obat diare. Masyarakat Filipina biasanya menggunakan hasil rebusan daun manggis dan kulitnya untuk mengatasi berbagai gejala penyakit seperti, menurunkan suhu tubuh saat demam, mengatasi diare, sariawan, disentri, hingga gangguan saluran kencing.

Kandungan xanthone dalam kulit dan buah manggis bersifat anti proliferasi danapoptosis yakni, efektif untuk menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker. Buah manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah. Dengan demikian, buah manggis menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner. Khusus untuk wanita, Anda pasti menyukai khasiat dari kulit buah manggis yaitu bikin Anda lebih awet muda. Kandungan anti oksidan di dalamnya mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit. Bahkan pada Anda yang mengalami berbagai penyakit kulit.

Dan masih banyak lagi Khasiat Kulit Buah Manggis bagi tubuh manusia, untuk mengkonsumsi kulit manggis sangat mudah saat ini banyak di jual yang sudah menjadi jus ada juga yang di buat teh,untuk mengkonsumsi haruslah mengikuti aturan dan jangan berlebihan karena kulit manggis kalau terlalu banyak di konsumsi dan tidak teratur bisa menggangu pencernaan.

0 Response to "Khasiat Kulit Buah Manggis"

Post a Comment